Kamis, 16 Agustus 2012

PERAN SANG AYAH DALAM PERKEMBANGAN PUTRA-PUTRINYA

Seringkali karena kesibukan pekerjaan, seorang ayah tak punya banyak waktu untuk bercengkerama dengan keluarga termasuk dengan anak-anaknya. Jika Anda seorang ayah dan keadaan diatas tengah Anda alami, sebisa mungkin rubah pola hidup Anda. Dekatkan diri Anda dengan putra-putri karena banyak faktor dari perkembangannya yang sangat bergantung pada Anda.

Jika seorang anak aktif melibatkan ayahnya dalam beraktivitas sehari-hari, maka ia akan memiliki IQ yang tinggi, jarang terlibat dengan obat-obatan terlarang, kejahatan anak, dan akan meraih angka-angka akademik yang lebih baik. Bukan berarti anak yang besar tanpa peran ayah akan tumbuh menjadi anak yang berlawanan dengan beberapa point keuntungan diatas. Hanya saja anak tersebut memiliki risiko yang lebih tinggi.

Bagaimana cara menjadi ayah yang baik?
1. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak.
2. Berkomunikasi.
3. Kurangi waktu pekerjaan Anda.
4. Dapat dipercaya. Bila Anda sudah berjanji mengajak anak berenang, misalnya, tepatilah janji tersebut jangan ditunda-tunda.
5. Menerima tanggung jawab. Pastikan kebutuhan anak akan pakaian, rumah, makanan terpenuhi sehingga anak akan tumbuh dengan karakter yang baik.
6. Terbuka. Keterbukaan akan membuat anak tidak sungkan untuk menunjukkan emosinya dihadapan ayahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar