Jumat, 07 September 2012

7 CARA GEMBIRA MENGERJAKAN HOMEWORK ANAK

Pekerjaan rumah atau homework tidak hanya menolong anak belajar mengenai subjek yang dipelajarinya di sekolah, tapi juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan rasa tanggung jawab pada diri anak. Dengan mengerjakan homework, anak jadi belajar bagaimana caranya mengatur dan mengalokasikan waktu untuk suatu tugas dan bagaimana ia harus menyelesaikan tugas tadi dengan rapi dan benar.

Berikut sejumlah cara yang dapat menolong anak lebih giat,serius,dan teliti mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan gurunya.

1. Tempat tenang dan nyaman
Tentukan suatu tempat yang pasti di mana anak dapat mengerjakan homework secara teratur.Tempat ini harus cukup terang,nyaman,dan tenang tanpa ada gangguan tv suara-suara anak bermain,atau orang berbicara. Jauhkan anak dari sumber keributan yang bisa membuat konsentrasinya pecah.

2. Waktu teratur
Pilihlah waktu yang sama setiap hari untuk membuat pekerjaan rumah.Bagi sebagian anak,waktu yang mereka anggap enak adalah setelah makan sepulang sekolah,sebagian lagi setelah main atau istirahat sore.

3. Kontrol
Biasakan memonitor homework anak.Apakah dia mempunyai masalah atau tidak mengerti saat mengerjakan tugas-tugasnya.atau apakah dia mudah sekali jenuh pada waktu mengerjakan tugasnya.Jangan biarkan kakak atau adik mengajaknya ngobrol sebelum tugas selesai dikerjakan.

4. Pegang peranan
Biarkan anak memegang peranan untuk membuat peraturan kapan dan di ruang mana ia akan mengerjakan tugas rumahnya.Ini akan membantu meminimalkan perselisihan dengan anak gara-gara masalah homework.

5. Jangan pernah membuatkan homework anak
Membuatkan tugas rumah anak bukanlah tindakan bijaksana.Selain anak tidak dilatih untuk bertanggung jawab,ia juga kehilangan kesempatan untuk memahami /mendalami mata pelajaran yang diberikan guru.Anda boleh membantu menjelaskan bagaimana cara membuat tugas tersebut.

6. Reaksi positif
Dampingi anak saat mengerjakan tugas rumahnya.Tanyakan kesulitan yang dihadapinya,terangkan dan bantu ia mengoreksi kesalahannya.Jika anak melakukan kesalahan jangan mengkritiknya,jika ia mengerjakan dengan betul dan baik, pujilah dia.

7. Selalu berhubungan dengan guru
Jika anak tampak memiliki masalah dan kesulitan dalam mengerjakan tugas rumahnya,beritahu pada gurunya.Anda juga dapat menulis catatan di buku penghubung guru-orang tua murid, yang penting jalin selalu hubungan dengan guru sehingga senantiasa bisa berkomunikasi dengan baik untuk masalah pendidikan anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar