Kamis, 26 Juli 2012

ANAK SUSAH DI AJAR TATAKRAMA ?

     Pada umumnya anak berumur 3 tahun belum begitu paham makna dari aturan-aturan atau sopan santun yang kita ajarkan, tapi dia sudah bisa mengingat informasi-informasi yang disampaikan padanya, misalnya, anak belum mengerti kenapa harus bilang tante bukan om, atau mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu oleh orang lain.
     Setiap anak punya ritme atau kecepatan yang berbeda. Selain itu, anak adalah peniru dan pengamat yang baik. Apa yang dilihat dan didengar pasti akan ditirunya. Di lain pihak kemampuan berpikirnya terbatas, oleh karena ia tidak bisa mengingat semua hal yang diajarkan, sehingga tak heran bila anak sering lupa. Namun ibu tak usah cemas, hal ini tak berlangsung lama, hanya sampai kurang lebih usia enam tahun. Pada usia ini ibu perlu bersabar untuk memberi kesempatan pada anak belajar lebih mengerti etika sehingga ia bisa melakukannya sendiri. 
     Perlu diingat usia 3 tahun adalah masa "negativism", artinya banyak hal yang selalu bertentangan dengan kita, termasuk apa yang kita harapkan anak tidak mau melakukannya.                                                          
     Hal yang perlu kita lakukan adalah:
*   Tetap selalu mengingatkan anak secara konsisten apa yang seharusnya dilakukan oleh anak sehingga anak melakukan dengan tidak terpaksa.
*   Jangan gunakan hukuman fisik, sebaliknya berikan pujian ketika dia melakukan hal yang Anda harapkan.
*   Jangan dipaksa untuk melakukan sesuatu ketika anak tidak mood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar